Kamis, 29 Desember 2011

Peran Etika dam Perkembangan IPTEK

Prinsip dasar di dalam etika profesi:
1.Prinsip standar Teknis
   Profesidilakukan sesuai keahlian
2.Prinsip Kompetensi
   Melaksanakan pekerjaan sesuai jasa profesionalnya,kompetensi dan ketekunan
3.Prinsip tanggung jawab profesi
   Melaksanakan tanggung jawabnya sebagai profesional
4.Prinsip kepentingan publik
   Menghormati kepentingan publik
5.Prinsip Integritas
   Menjungjung tinggi nilai tanggung jawab profesional
6.Prinsip Objektivitas
   Menjaga objektivitasi dalam pemenuhan kewajiban
7.Prinsip kerahasiaan
   Menghormati kerahasiaan informasi
8.Prinsip Prilaku Profesional
   Berprilaku konsisten dengan reputasi profesi

Peran Etika dalam Perkembangan IPTEK
Perkembangan secara ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung sangat cepat.Dengan perkembangan tersebut diharapkan akan dapat mempertahankan dan meningkatkan taraff hidup manusia.
Untuk menjadi  manusia secara utuh,
Maka tidak cukup dengan mangandalkan Ilmu pengetahuan dan teknologi,manusian juga harus menghayati secara mendalam kode etik ilmu,teknologi dan kehidupan.
Apabila manusia sudah jauh dari nilai-nilai,maka kehidupan ini akan terasa kering dan hampa.Oleh karena ilmu dan teknologi yang dikembangkan oleh manusia harus tidak mengabaikan nilai-nilai kehidupan dan keluhuran.
Para pakar ilmu kognitif telah menemukan bahwa teknologi mengambil alih fungsi mental manusia ,pada saat yang sama terjadi kerugian yang di akibatkan oleh hilangnya fungsi tersebut dari kerja mental manusia.
Perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat perkembangan teknologi sedikit banyaknya berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma dalam kehidupannya.
Etika profesi merupakan bagian dari etika sosial yang menyakut bagaimana mereka harus menjalankan profesinya secara profesional agar diterima oleh masyarakat.
Dengan etika profesi diharapkan kaum profesional dapat bekerja sebaik mungkin,serta dapat mempertanggung jawabkan tugas yang dilakukan dari segi tuntutan pekerjaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar